LAMPUNG CRAFT TAHUN 2023 "THE FOURTH LAMPUNG HANDICRAFT TRADE FAIR"




Lampung Craft 2023 resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan istrinya Riana Sari Arinal yang juga menjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung.

Kegiatan yang menampilkan pameran produk UMKM khususnya kerajinan lokal asal Lampung itu digelar selama lima hari mulai hari ini Selasa (6/6) hingga Sabtu (10/6) mendatang di Graha Wangsa, Bandar Lampung.
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, kegiatan Lampung Craft yang telah digelar keempat kalinya ini diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga dan mengembangkan adat-istiadat sebagai warisan budaya Lampung yang dibanggakan masyarakat Lampung.
"Saya berharap, ajang Lampung Craft akan mendorong masyarakat Lampung yang merupakan pangsa pasar utama dan potensial untuk mencintai dan membeli produk-produk daerah kita sendiri. Saya juga berharap ke depan produk UMKM Lampung dapat menembus pasar nasional bahkan hingga pasar Internasional," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat membuka kegiatan tersebut.
 
Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menjelaskan, bahwa keanekaragaman sumber daya alam dan budaya di Provinsi Lampung menjadi sumber inspirasi para UMKM Lampung untuk menghasilkan produk karya anak bangsa yang mempunyai nilai yang tinggi dan produk kerajinan yang kekinian, tanpa meninggalkan identitas budaya kearifan lokal.
"Dekranasda Provinsi Lampung sebagai wadah pembinaan dan promosi UMKM Lampung, berkomitmen untuk membantu UMKM menghasilkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai yang tinggi. Salah satu wadah untuk fasilitasi promosi kerajinan Lampung adalah pameran Lampung Craft ini," jelasnya.
 
Diketahui, dalam pameran Lampung Craft 2023 ini ada sebanyak 44 stand dari kabupaten/kota di Lampung dan pihak lainnya yang ikut menampilkan beberapa produk kerajinan asal Lampung.
Lampung Craft 2023 mengambil tema The Pepadun "Harmony in Diversity of Lampung Tengah".
"Sebagai ikon Lampung Craft 2023 adalah Kabupaten Lampung Tengah dengan warisan adat istiadatnya pepadun yang memberikan warna dan ciri khas tersendiri bagi penyelenggaraan Lampung Craft tahun ini," ungkap Riana Sari Arinal.

Share :